Gambaran komunikasi terapeutik perawat pada pasien yang akan dilakukan pembedahan di ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu 2017

Collection Location Repository
Edition
Call Number 610.5 SUH g
ISBN/ISSN
Author(s) Bachtiar Efendi
Suherman
riy
Subject(s) Komunikasi Terapeutik
Pembedahan
Perawat
Classification 610.5
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STIKes Indramayu
Publishing Year 2017
Publishing Place Indramayu
Collation
Abstract/Notes Komunikasi terapeutik merupakan komunikasi yang direncanakan dan dilakukan untuk membantu psikologis pasien yang akan dilakukan pembedahan dan pemulihan pasca pembedahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran komunikasi terapeutik perawat pada pasien yang akan dilakukan pembedahan di Ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu 2017.
Penelitian ini menggunakan metode deskritif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang akan dilakukan pembedahan di Ruang rawat inap Rumah Sakit Bhayangkara Indramayu. Jumlah sampel 53 pasien. Variabel dalam penelitian ini adalah komunikasi terapeutik perawat dengan sub variabel fase orientasi, fase kerja dan fase terminasi.
Hasil penelitian diketahui bahwa Komunikasi terapeutik perawat fase orientasi sebanyak 27 (50,9%) dengan kategori baik. Komunikasi terapeutik perawat fase kerja sebanyak 30 (56,6%) dengan kategori baik. Komunikasi terapeutik perawat fase terminasi sebanyak 28 (52,8%) dengan kategori baik. Komunikasi terapeutik perawat sebanyak 21 (39,6%) dengan kategori cukup.
Dengan didapatkan hasil penelitian diharapkan perawat untuk lebih meningkatkan komunikasi terapeutik sehingga pasien merasa lebih nyaman dalam menghadapi pembedahan yang akan dilakukan.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous