Hubungan antara Self Efficacy dengan motivasi dalam mengontrol gula darah di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu

Collection Location Repository
Edition
Call Number 050 MAY h
ISBN/ISSN
Author(s) Wayunah
Eka Juwita Handayani
Amalia Ulvi Mayiza
Subject(s) Diabetes Mellitus
Motivasi
Self efficacy
Classification 050
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STIKes Indramayu
Publishing Year 2017
Publishing Place Indramayu
Collation
Abstract/Notes Penatalaksanaan bagi pasien diabetes mellitus yaitu dengan mengontrol gula darah dalam rentang normal dengan cara diet, latihan fisik, obat-obatan penurun glukosa, pendidikan kesehatan dan monitoring glukosa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara self efficacy dengan motivasi dalam mengontrol gula darah di Poliklinik penyakit dalam RSUD Kabupaten Indramayu.
Metode penelitian ini adalah menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Dengan sampel 62 responden dengan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dan alat pengumpulan data dengan kuesioner.
Hasil penelitian didapatkan self efficacy dalam mengontrol gula darah pada pasien diabetes mellitus di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu dalam kategori tinggi sebanyak 21 (65,6%). Motivasi dalam mengontrol gula darah di Poliklinik Penyakit Dalam RSUD Kabupaten Indramayu dengan kategori tinggi sebesar (53,3%). Hasil analisa lanjut diperoleh p-value 0,212 dengan (p-value > 0,05) yang berarti tidak ada hubungan antara self efficacy dengan motivasi.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah self efficacy tidak berhubungan dengan motivasi dalam mengontrol gula darah pada pasien diabetes mellitus. Saran penelitian ini ditujukan kepada perawat agar terus memberikan edukasi atau dan terus memberikan masukan yang baik, sehingga pasien diabetes mellitus terus termotivasi untuk mengontrol gula darah.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous