Hubungan Tingkat Kepuasan Keluarga Pasien dengan Kualitas Pelayanan Keperawatan Di Ruang Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Indramayu Tahun 2017

Collection Location Repository
Edition
Call Number 050 NUR h
ISBN/ISSN
Author(s) Hj. Winani
Neneng Ratnanengsih Puspitasari
Nuryati
Subject(s) Intensive Care Unit (ICU)
Kepuasan
Kualitas Pelayanan
Classification 050
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STIKes Indramayu
Publishing Year 2017
Publishing Place Indramayu
Collation
Abstract/Notes Kualitas pelayanan keperawatan adalah pelayanan keperawatan yang dilakukan perawat sesuai dengan standar profesi yang ditetapkan berdasarkan indikator pelayanan keperawatan yang menunjukkan tingkat kemampuan pelayanan keperawatan dalam menimbulkan rasa puas pada diri setiap pasien / keluarga. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan keluarga pasien dengan kualitas pelayanan perawatan di ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017.
Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan sampel seluruh anggota keluarga yang dirawat di ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu dalam kurun waktu penelitian ditentukan dengan rumus besar sampel sebanyak 78 responden, pengumpulan data untuk variabel independent dan dependent menggunakan kuesioner.
Hasil penelitian menunjukkan tingkat kepuasan keluarga pasien di Ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu sebagian besar sebanyak 74 orang ( 94.9 %) termasuk kriteria Puas. Kualitas pelayanan keperawatan di Ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu sebagian besar sebanyak 69 orang (88.5 %) termasuk kriteria berkualitas baik. Berdasarkan uji statistik chi square diperoleh p value 0.001 < α (0.05)
Simpulan penelitian ini terdapat hubungan antara tingkat kepuasan keluarga pasien dengan kualitas pelayanan keperawatan di Ruang ICU RSUD Kabupaten Indramayu Tahun 2017. Saran : Kualitas pelayanan keperawatan agar lebih ditingkatkan lagi karena sangat berpengaruh terhadap kepuasan pasien dan keluarga.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous