Gambaran Perilaku Ibu Rumah Tangga dalam Upaya Pencegahan Demam Berdarah Dengue di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu Tahun 2017

Collection Location Repository
Edition
Call Number 050 PRA g
ISBN/ISSN
Author(s) Riyanto
Neneng Ratnanengsih Puspitasari
Suprapto Tri Prabowo
Subject(s) Perilaku
DBD
Ibu Rumah Tangga
Classification 050
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STIKes Indramayu
Publishing Year 2017
Publishing Place Indramayu
Collation
Abstract/Notes Demam berdarah Dengue (DBD) merupakan salah satu penyakit menular yang sampai saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat di Indonesia, sering muncul sebagai kejadian luar biasa dan menimbulkan kepanikan di masyarakat karena menyebar dengan cepat dan dapat menyebabkan kematian. Penyebab demam berdarah dengue adalah virus dengue yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti dan aedes albucpitus yang hidup digenangan air bersih sekitar rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Gambaran Perilaku Ibu Rumah Tangga Dalam Upaya Pencegahan DBD di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur tahun 2017.
Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif. Sampel penelitian ini berjumlah 93 Ibu Rumah Tangga Di Desa Karanganyar Kecamatan Kandanghaur Kabupaten Indramayu, diambil dengan menggunakan random sampling. Instrumen penelitian ini menggunakan kuisoner.
Hasil penelitian menunjukkan sebanyak (50,5%) 47 responden mempunyai perilaku baik, sebanyak (61,9%) 26 responden berpendidikan SD mempunyai buruk dan sebanyak (46,3%) 31 responden berada pada usia dewasa muda mempunyai perilaku baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebanyak (50,5%) 47 responden mempunyai perilaku baik, saran peneliti kepada tenaga kesehatan lebih meningkatkan lagi penyuluhan tentang pentingnya perilaku Pencegahan DBD.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous