Hubungan antara Kepuasan Pasien dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit “X” Indramayu Tahun 2017

Collection Location Repository
Edition
Call Number 050 ANN h
ISBN/ISSN
Author(s) Setyo Dwi Widyastuti
H. retno Susanto
Anna Nurzanah
Subject(s) Kepuasan Pasien
Pelayanan Kesehatan
Minat Kunjungan Ulang
Classification 050
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STIKes Indramayu
Publishing Year 2017
Publishing Place Indramayu
Collation
Abstract/Notes Bed Turn Over (BTO) atau frekuensi pemakaian tempat tidur yang merupakan salah satu dari indikator mutu
pelayanan untuk mengukur tingkat efisiensi rumah sakit. Menurut Depkes RI (2005), nilai ideal BTO dalam satu
tahun rata-rata 40-50 kali untuk satu tempat tidur. RS “X” Indramayu memiliki rata-rata 95 kali dari standar 40-50
kali pada tahun 2014 sampai 2016. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan tentang pelayanan
kesehatan di ruang rawat inap, antara kepuasan pasien (reliability/kehandalan, assurance/jaminan, tangibles/ bukti
fisik, emphaty/empati, responsiveness /daya tanggap), dengan seberapa besar minat pasien untuk melakukan
kunjungan ulang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional.
Populasi diambil dari rata-rata jumlah pasien perbulan pada tahun 2016 yaitu 461 orang. Sampel menggunakan
rumus Slovin dan hasilnya 82 orang dan diambil secara accidental sampling. Pengambilan sampel dilakukan pada
29 juli, 2 agustus, 4 agustus, 6 agustus, dan 10 agustus. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis
bivariat dalam penelitian ini menggunakan chi-square.Berdasarkan hasil penelitian bahwa diemensi yang
berhubungan terhadap minat kunjungan ulang adalah dimensi responsiveness/daya tanggap, tangibles/bukti fisik,
assurance/ jaminan, sedangkan dimensi reliability/kehandalan, dan emphaty/ empati tidak ada hubungan dengan
minat kunjungan ulang. Kepuasan pasien berpengaruh terhadap minat kunjungan ulang.Dapat disimpulkan bahwa
ada pengaruh pelayanan kesehatan terhadap minat kunjungan ulang pasien rawat inap RS “X” Indramayu. Maka
hendaknya meningkatkan kualitas pelayanan rawat inap, dan membuat kebijakan SOP alur masuk rawat inap.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous