Hubungan Pelaksanaan Edukasi Makanan dengan Kemampuan Siswa Dalam Memilih Jajanan Sehat Di SDN Lamarantarung I, II dan SMPN Satu Atap Tahun 2017

Collection Location Repository
Edition
Call Number 050 SUK h
ISBN/ISSN
Author(s) Dedeh Husnaniyah
Neneng Ratnanengsih P
Sukani
Subject(s) Edukasi
Makanan
Jajanan
Sehat
Classification 050
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STIKes Indramayu
Publishing Year 2017
Publishing Place Indramayu
Collation
Abstract/Notes Makanan sangat mempengaruhi status kesehatan seseorang yang merupakan modal utama bagi kesehatan individu khususnya bagi anak. Asupan yang salah atau tidak sesuai akan menimbulkan masalah kesehatan pada anak. Selama ini masih banyak jajanan sekolah yang kurang terjamin kebersihannya, keberhasilan perlindungan terhadap makanan merupakan pengetahuan yang mendasar bagi para siswa sekolah. Pengetahuan siswa tentang makanan jajanan tidak lepas dari peranan tenaga pengajar sebagai edukator dan informator. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pelaksanaan edukasi makanan dengan kemampuan siswa dalam memilih jajanan sehat di SDN Lamarantarung I, II dan SMPN Satu Atap.
Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas V dan kelas VII, dengan sampel berjumlah 100 responden dengan tehnik pengambilan sampel total populasi. Variabel independent (pelaksanaan edukasi makanan) dan variabel dependent (kemampuan siswa dalam memilih jajanan sehat), tehnik analisa data menggunakan uji chi-square.
Hasil penelitian tentang pelaksanaan edukasi makanan di SDN Lamarantarung I, II dan SMPN Satu Atap diperoleh sebanyak 60,0% edukasi dalam kategori optimal dan sebanyak 50,0% siswa berpotensi kemampuan sedang dalam memilih jajanan sehat di SDN Lamarantarung I, II dan SMPN Satu Atap. Hasil uji korelasi statistik Chi-square antara variabel independen dan dependen diperoleh p-value 0,658 dengan nilai α (0,05).
Simpulan penelitian adalah tidak terdapat hubungan antara pelaksanaan edukasi dengan kemampuan siswa dalam memilih jajanan sehat di SDN Lamarantarung I, II dan SMPN Satu Atap Tahun 2017. Saran peneliti kepada seluruh siswa untuk lebih memperhatikan lagi saat membeli jajanan di lingkungan sekolah supaya terhindar dari berbagai penyakit yang diakibat oleh jajanan yang kurang sehat.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous