Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Pencegahan Terjadinya Stroke pada Pasien Hipertensi Di Poli Klinik Dalam RSUD Indramayu Tahun 2017

Collection Location Repository
Edition
Call Number 050 DAR h
ISBN/ISSN
Author(s) Riyanto
H. Bachtiar Efendi
Sri Novi Tri Daryati
Subject(s) Pengetahuan
Hipertensi
Pencegahan Stroke
Classification 050
Series Title
GMD Text
Language Indonesia
Publisher STIKes Indramayu
Publishing Year 2017
Publishing Place Indramayu
Collation
Abstract/Notes Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah lebih dari normal. Hipertensi ini biasanya penyebab umum terjadinya stroke. Oleh karena itu, penderita yang mempunyai risiko stroke dapat berperilaku baik dalam upaya pencegahan terjadinya stroke dengan diimbangi pengetahuan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan terjadinya stroke pada pasien hipertensi di Poli Klinik Dalam RSUD Indramayu.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh pasien hipertensi sebanyak 2.473. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling dengan sampel sebanyak 66 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data penelitian menggunakan analisis Chi-square test.
Hasil penelitian didapatkan pengetahuan tentang pencegahan terjadinya stroke dalam kategori cukup sebesar 45,5%. Perilaku pencegahan terjadinya stroke dengan kategori baik sebesar 56,1%. Hasil analisis lanjut diperoleh (p-value = 0,181 > 0,1) yang berarti tidak ada hubungan pengetahuan dengan perilaku pencegahan terjadinya stroke pada pasien hipertensi di Poli Klinik Dalam RSUD Indramayu.
Saran dari penelitian ini adalah pasien hipertensi terus diberikan pengetahuan melalui pendidikan kesehatan, dukungan dari keluarga dan perawat.
Specific Detail Info
Image
  Back To Previous